Rabu, 23 Oktober 2013

TEAMWORK


 Tim adalah suatu unit yang terdiri atas dua orang atau lebih yang berinteraksi dan mengoordinasi kerja mereka untuk tujuan tertentu. Sedangkan partisipasi merupakan. mengambil bagian dalam sebuah aktivitas dapat mengandung pengertian ikut serta tanpa ikut menentukan bagaimana pelaksanaan aktivitas tersebut tetapi dapat juga berarti ikut serta dalam menentukan jalannya aktivitas tersebut, dalam artian ikut menentukan perencanaan dan pelaksanaan aktivitas tersebut.
 Seseorang harus mampu bekerja sama dalam sebuah team. Saat di dunia kerja kita tidak mungkin mengerjakan segala sesuatunya sendiri. Kita harus bekerja sama dengan rekan-rekan yang lain. Oleh karena itu setiap orang dituntut harus bisa bekerja sama. Saat bekerja sama kita harus bijaksana. Tidak boleh mau menang sendiri. Harus berlapang dada dalam menerima kritik dan saran dari rekan satu team kita. Selain itu saat bekerja dalam sebuah team kita tidak boleh lepas dari tanggung jawab. Kita tidak boleh melimpahkan kewajiban tugas kita ke rekan team yang lain. Serta kita juga tidak boleh mengambil tugas rekan team kita yang lain. Dalam bekerja sama sangatlah penting komunikasi. Segala sesuatu harus dikomunikasikan dengan baik agar tidak terjadi kesalah pahaman. Apabila kita saling tolong menolong maka pekerjaan dalam team kita akan terlaksana dengan baik dan lancar.
 (sumber : http://widiastutidyah.wordpress.com/2011/01/21/makalah-kerjasama-tim-dan-partisipasi-dalam-meningkatkan-kinerja-karyawan/)

IMPLIKASI MANAJERIAL
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, kata Implikasi berarti akibat. Kata Implikasi sendiri dapat merujuk ke beberapa aspek yaitu salah satunya yang dibahas saat ini adalah manajerial atau manajemen
Dalam manajemen terdapat 2 implikasi yaitu :
1. Implikasi prosedural meliputi tata cara analisis, pilihan representasi, perencanaan kerja dan formulasi kebijakan
2. implikasi kebijakan meliputi sifat substantif, perkiraan ke depan dan perumusan tindakan.

Dalam pengambilan keputusan dibidang manajerial, seorang pemimpin harus memperhatikan segala aspek yang melatarbelakangi sebuah permasalahan yang harus diberikan jalan keluar. Ketrampilan seorang pemimpin dalam hal ini harus selalu diasah karena permasalahan yang muncul akan semakin kompleks dan semakin membutuhkan pertimbangan yang matang. Dibutuhkan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan-keputusan penting, tetapi resiko dari keputusan yang telah diambil pun harus bisa diterima oleh semua kalangan. Oleh karena itu penting untuk seorang pemimpin memperhatikan detail dari semua aspek yang ada, sebisa mungkin sebuah keputusan harus diambil untuk kebaikan dan keadilan semuanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar