Berikut ini adalah beberapa pengertian organisasi menurut para ahli :
• Stoner :
Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan orang-orang di bawah pengarahan
manajer (pimpinan) untuk mengejar tujuan bersama.
• James D.
Mooney : Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai
tujuan bersama.
• Chester
I. Bernard : Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang
dilakukan oleh dua orang atau lebih.
(sumber :
http://dhiedotorg.wordpress.com/2011/09/25/pengertian-definisi-arti-organisasi-dan-unsur-unsurnya/)
Organisasi
adalah sistem saling pengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama untuk
mencapai tujuan tertentu.
(sumber : Sutarto, Buku Gadjah Mada
University Press)
Contoh struktur organisasi di sebuah
perusahaan
Definisi Organisasi Perusahaan :
Ø
Suatu subsistem dari lingkungannya yang lebih
luas.
Ø
Terdiri dari orang-orang yang berorientasi pada
tujuan.
Ø
Suatu subsistem teknik, yaitu orang-orang yang
menggunakan pengetahuan, teknik, peralatan & fasilitas.
Ø
Suatu subsistem struktural, yaitu orang-orang
yang bekerja bersama dalam berbagai kegiatan yang terpadu.
Ø
Suatu subsistem psikososial, yaitu orang-orang
yang terlibat dalam hubungan sosial
Ø
Suatu subsistem manajerial yang merencanakan
& mengendalikan semua usaha.
(sumber :
http://ujanblog.blogspot.com/2012/11/organisasi-adalah-sekelompok-orang-yang.html)
Berikut ini akan saya berikan penjelasan mengenai 13 prinsip
prinsip pendirian organisasi perusahaan
1. Visi
Visi adalah tujuan pendirian organisasi dan tujuan di sini
harus jelas dan rasional.
2. Kesatuan visi
Tanpa adanya kesatuan tujuan antar individu, maka tujuan
organisasi perusahaan tidak akan tercapai. Maka dari itu, anda perlu menanamkan
kesepakatan untuk menyatukan visi setiap individu dalam organisasi perusahaan
anda.
3. Kesatuan
perintah
Di organisasi perusahaan manapun, pada upaya pencapaian
tujuan harus ada SATU komando untuk memerintah bawahan. Agar sebuah perintah
dapat dipertanggungjawabkan oleh satu orang atau satu komando saja.
4. Rentang
kendali
Anda harus tahu berapa rentang jumlah bawahan yang dapat
dipimpin oleh seorang manajer secara efektif. 3, 4, 9 orang? Dengan mengetahui
kecakapan manajer, penunjukan personel dan pendelegasian tugas bisa jadi lebih
mudah.
5. Pendelegasian
wewenang
Yaitu bagaimana seorang pimpinan dapat membagi tugas pada
individu di divisinya dengan jelas.
6. Keseimbangan
wewenang dan tanggung jawab
Antara wewenang dan tanggung jawab yang diberikan oleh
pimpinan tidak boleh lebih besar atau
lebih kecil agar bawahan bisa melaksanakan tanggungjawab yang didelegasikan
tanpa hambatan.
7. Tanggung
jawab
Seorang bawahan hanya mempertanggungjawabkan tugasnya kepada
pemberi wewenang. Maka seorang manajer perlu memberikan sebuah deadline.
8. Pembagian
kerja
Pembagian tugas dalam satu unit kerja harus memiliki
hubungan pekerjaan yang saling terkait. Sangatlah penting agar divisi-divisi
dalam organisasi perusahaan anda untuk memiliki jobdesc yang lebih terstruktur.
9. Penempatan
personalia
Penempatan karyawan harus didasarkan pada keahlian,
kecapakan dan keterampilannya.
10. Jenjang
berangkai
Maksudnya adalah perintah yang langsung dan jelas dari
atasan kepada bawahan yang kedudukannya tepat di bawah garis kuasanya, tanpa
melompati satu/lebih jenjang kedudukan.
11. Efisiensi
Sebuah organisasi
perusahaan harus bisa menempatkan di mana tugas yang harus dikerjakan
terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
12. Kesinambungan
Organisasi perusahaan harus mengusahakan cara-cara yang
mampu menjaga kelangsungan hidupnya dan anggota di dalamnya. Di mana di sini
anda perlu menanamkan faham betapa pentingnya melakukan sebuah pekerjaan secara
kesinambungan yang jika ditinggalkan dapat membuat organisasi perusahaan anda
kolaps sewaktu-waktu.
13. Koordinasi
Asas koordinasi adalah rangkaian dari asas-asas lainnya.
Fungsinya untuk mengintegrasikan setiap tindakan supaya lebih terarah dan
tertuju dengan benar pada tujuan awal organisasi perusahaan tersebut.
(sumber :
http://mediabisnisonline.com/13-prinsip-dasar-mendirikan-organisasi-perusahaan/)
Kenapa Kita Harus Berorganisasi ?
Menurut pendapat saya karena dalam
diri tiap manusia ada banyak potensi yang akan bermanfaat dengan melakukan
aktivitas-aktivitas. Dengan memilih jalan organisasi, membuka pintu kita untuk
tahu kekurangan dan kelebihan kita untuk selanjutnya kita optimalkan .
Pengalaman Berorganisasi
1. Pada masa sekolah di SMA saya pernah mengikuti ekskul KIR
(KARYA ILMIAH REMAJA) dan saya menjabat sebagai BENDAHARA
2. Saya pernah menjabat sebagai BENDAHARA di karang taruna
di daerah rumah saya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar