Kamis, 30 April 2015

MAHASISWA BERPRESTASI

Pengertian berprestasi masing-masing orang mungkin berbeda. Namun, menurut definisi saya mahasiswa berprestasi adalah mahasiswa pakeet komplit, seorang sosok mahasiswa yang tidak hanya memiliki IPK yang wow tapi juga memiliki prestasi di hal-hal yang lain.

Jadi, yang bisa jadi mapres itu tipe mahasiswa yang bisa segala hal atau spesial pada satu bidang saja?

Untuk menjadi mapres tidak hanya dibutuhkan prestasi dari segi akademik saja, namun aktif dalam organisasi, prestasi di bidang riset dan penelitian, pengabdian masyarakat, dll. Maksud dari mahasiswa yang tahu segala hal di sini adalah apakah harus mengetahui ilmu dari berbagai macam area seperti ekonomi, politik, sosial,  kesehatan, dan lain sebagainya. Mahasiswa berprestasi bisa saja datang dari kalangan spesialis yaitu mahasiswa-mahasiswa yang concern di bidang tertentu dan memiliki riset/penelitian, prestasi, dan penghargaan yang mengagumkan. Menurut juara pertama lomba mapres 2012 Muhammad Iman Usman dari Universitas Indonesia, dirinya fokus di bidang pemberdayaan pemuda, penelitian, pemberdayaan masyarakat, organisasi yang diikuti dan juga prestasi yang diraih semua berhubungan dengan pemberdayaan pemuda. Jadi, mapres bisa saja dimenangkan oleh mahasiswa yang memang memiliki passion dan fokus pada satu bidang.


Pada akhirnya kehadiran mapres ini diharapkan dapat menjadi sebuah proses yang berkesinambungan. Seorang mapres sudah harus berprestasi sejak awal (awal masa perkuliahan) dan tidak tiba-tiba muncul saat akan diadakan perlombaan mapres. Dan mapres mampu menjadi inspirasi bagi mahasiswa-mahasiswa yang lain untuk berprestasi dan berkontribusi.

http://tentangkomputerkita.blogspot.com/2010/04/pengertian-prestasi.html
http://ct.ft.ugm.ac.id/mahasiswa-berprestasi-apa-itu/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar