Kamis, 28 Maret 2013

KEMANUSIAAN DAN KEBUDAYAAN

NAMA: YOGI PERMANA
KELAS: 1KA06
NPM: 17112839

sumber : http://news.okezone.com/read/2009/10/27/340/269447/seniman-usulkan-hari-kebudayaan-nusantara


Seniman Usulkan Hari Kebudayaan Nusantara

Selasa, 27 Oktober 2009 07:24 wib

BANDUNG
 - Seniman dan budayawan Bandung mengusulkan tanggal 7 November dijadikan sebagai Hari Kebudayaan Nusantara.

Usulan tersebut didasarkan pada tidak adanya apresiasi dan penanda terhadap kebudayaan nasional. Tanggal 7 November bertepatan dengan hari lahir almarhum WS Rendra. Deklarasi Hari Kebudayaan Nusantara akan dilakukan 7 November mendatang di Gedung Indonesia Menggugat (GIM) dengan melibatkan budayawan dari seluruh Indonesia.

Mereka yang mendukung di antaranya dari Yogyakarta, Jakarta, Makassar, Bali, dan Sumatera. "Kita akan terus mengumpulkan dukungan dari seluruh elemen masyarakat," kata seniman Bandung, Herry Dim, inspirator Hari Kebudayaan Nusantara. Hingga kini, sebanyak 3.200 elemen masyarakat menyatakan, mendukung rencana tersebut.

Menurutnya, kalender nasional telah mencatat adanya penanda pada momen tertentu. Namun, kebudayaan tidak termasuk salah satunya. Selain melakukan deklarasi, budayawan dan seniman dari seluruh Indonesia akan bertemu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan DPR untuk mencanangkan Hari Kebudayaan Nusantara.

Seniman berharap, pada 2010 usulan itu telah masuk kalender nasional. Aktivis seni di Bandung, Yesmil Anwar menegaskan, hingga kini Indonesia belum menyertakan kebudayaan sebagai indeks pembangunan manusia (IPM). "Saya akan mengusulkan kebudayaan yang di dalamnya terdapat seniman, dapat lebih diprioritaskan dan mendapatkan alokasi pada APBN dan APBD," ujarnya
KOMENTAR :
memang seharusnya untuk menjaga kebudayaan indonesia kita harus mengingat dan merayakan apa yang sudah kita miliki. ya lihat saja negara negara lain seperti budaya perang tomat dari SPANYOL, sebenarnya itu hal konyol tapi mereka bisa menjaga kebudayaan perang tomat hingga beratus ratus tahun. semua butuh proses dari hal kecil dari pada tidak sama sekali.
oleh karena itu kita sebagai bangsa yang kaya atas kebudayaan kita harus bisa menjaga apa yang sudah kita miliki. buktikan kepada seluruh dunia kalau negara kita adalah negara yang kaya. semua tergantung dari diri kita sendiri, dan semua pasti ada jalan hikmahnya. SEMANGAT INDONESIA !!!! 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar